Kuliah, kembali kuatkan azam untuk meraih ridho Allah SWT

Leave a Comment

Bismillah.. Bismillah.. Bismillah... La Khaula wala quwwata illa billahil 'aliyyil adziim... Alhamdulillah, setiap kejadian, peristiwa, atau segala apapun yang terjadi pada kita, ketika kita mau dan mampu untuk sedikit saja membuka hati dan kesadaran kita, maka akan kita temukan hikmah dan keindahan di balik itu semua.

Dan Alhamdulillah... Allah SWT (kembali) memberikan diri ini kesempatan untuk tholabul 'ilmi.. Yang mana diri ini yakin bahwa inilah jalan Allah SWT untuk mendekatkan diri yang dhoif ini kepada-Nya yang begitu Agung dan Mulia. Ya, bahkan Allah SWT menjanjikan syurga yang mulia bagi mereka menempuh jalan dalam upaya mencari ilmu.

“Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya para Malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha atas apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya orang yang berilmu benar-benar dimintakan ampun oleh penghuni langit dan bumi, bahkan oleh ikan-ikan yang berada di dalam air.” (Hadits shahih, diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 3641), Tirmidzi (no. 2682), Ibnu Majah (no. 223), Ahmad (V/196), Ad-Darimi (I/98), Ibnu Hibban (88 – Al-Ihsan dan 80 – Al-Mawarid ), Al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah (I/275-276, no. 129), Ibnu 'Abdil Barr dalam Jami' Bayanil 'Ilmi (I/174 ,no. 173), dan Ath-Thahawi dalam Musykilul Atsar (I/429), dari Abud Darda' radhiyallahu'anhu ]

Bukan sekedar absensi, tetapi memaknai. Memaknai setiap pertemuan dengan penuh pengharapan akan keridhoan-Nya. Setiap lelah, letih, kantuk, lapar, penat sepulang kerja. Harus belajar sampai malam hari di kampus yang sudah semakin sepi. Menyisihkan uang setiap bulannya untuk membayar biaya kulaih yang tidak sedikit, selain untuk kebutuhan hidup dan keluarga yang ada di kampung halaman. Ya, inilah yang semakin menjadikannya sebagai suatu prosesi yang teramat indah. Sebuah jalan dari tidakan dan perbuatan yang harus dijalani demi meraih keridhoan dan kebarokahan dari Allah swt.

Bismillah.. Bismillah.. Bismillah... La Khaula wala quwwata illa billahil 'aliyyil adziim...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

Post Comment

0 comments:

Post a Comment

Translate