10 Sunnah Harian Nabi untuk Muslim Produktif

Leave a Comment

Malam tadi ketika membukan FB, di beranda muncul pemberitahuan yang cukup menarik. Ya, tentang 10 Sunnah Nabi untuk Menghidupkan Kebiasaan Produktif Seorang Muslim. Postingan FB teman saya yang dia share dari akun @owelowil ini cukup menarik hati saya dan langsung menggugah pemikiran saya untuk pula membagi ilmu tersebut kepada sahabat-sahabat sekalian, yang in syaa Allah ini adalah ilmu yang sangat bagus untuk kita amalkan demi semakin produktif dan semakin barokahnya kehidupan kita.

Apa saja kesepuluh sunnah harian Nabi Muhammad SAW itu? Langsung saja, yang pertama adalah sholat Tahajjud, karena kemuliaan seorang muslim terletak pada tahajjudnya. In syaa Allah do'a kita akan mudah terkabul dan kita semakin dekat dengan Allah swt. Yang kedua adalah membaca Al-Qur'an setiap hari. Sesibuk apapun diri kita, sempatkanlah membaca Al-Qur'an walaupun beberapa ayat saja, yang penting istiqomah. Bismillah...

Selanjutnya yang ketiga adalah berdzikir setelah sholat. Bagaimana dzikirnya? "Subhanallah walhamdulillah walaa ilaa haillallahu Allahu akbar." Bisa ditambah dengan bacaan-bacaan kalimah thoyyibah yang lain. Selanjutnya yang keempat adalah menjaga sholat sunnah rawatib. Apa itu sholat sunnah Rawatib? Yaitu sholat sunnah yang dikerjakan mengiringi (sebelum dan atau sesudah) sholat Fardhu. mau dibangunkan rumah di surga kan? Dalam sebuah riwayat disebutkan dari Ummu Habibah isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّي لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلَّا بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

“Tidaklah seorang muslim mendirikan shalat sunnah ikhlas karena Allah sebanyak dua belas rakaat selain shalat fardhu, melainkan Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” (HR. Muslim no. 728).

Yang selanjutnya yang kelima adalah dzikir pagi dan petang. Dalam QS Al-A'raf ayat 205 Allah SWT berfirman,

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ

"Dan berdzikirlah (sebutlah nama Rabbmu) dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai." (Al-A’raf : 205)

Yang keenam adalah jangan tinggalkan masjid. Karena surga ganjarannya bagi pemuda yang hatinya terpaut pada masjid. Yang ketuju adalah jangan tinggalkan sholat dhuha.  Karena salah satu kunci rizki adalah sholat dhuha. Yang kedelapan adalah jaga (istiqomahkan) shodaqoh setiap hari. Allah SWT sangat menyukai orang yang bersedekah dan malaikat-malaikat Allah selalu mendoakan orang-oarng yang bersedekah setiap hari. In syaa Allah, Allah SWT akan membalas sedekah kita dengan berlipat ganda.

Selanjutnya kebiasaan Nabi yang kesembilan adalah menjaga wudhu. Karena Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang menjaga wudhunya. Yang terahir adalah amalkan istighfar setiap saat. Dengan beristighfar, Allah SWT akan melapangkan urusan dan permasalahan kita serta mengampuni dosa-dosa kita.

Demikianlah, mari kita bersama amalkan sunnah harian Nabi Muhammad SAW ini, sehingga kita bisa benar-benar menjadi seorang muslim yang produktif, bukan hanya tentang urusan dunia semata, namun lebih jauh lagi, produktif untuk urusan akhirat kita.





Semoga bermanfaat.
**Gambar dari FB Owel Owil
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

Post Comment

0 comments:

Post a Comment

Translate