Edisi Siap Nikah #2 : Tugas Istri

Leave a Comment
Rumah Tangga Islami

Menyambung artikel sebelumnya tentang Tugas Seorang Suami, kali ini kita akan membicarakan sedikit tentang tugas seorang istri. Seperti seorang suami, istripun memiliki tugas-tugas tertentu di dalam rumah tangganya, baik dalam posisinya sebagai seorang istri bagi suaminya,maupun sebagai seorang ibu bagi anak-anaknya. Berikut ini adala tugas dan kewajiban istri di dalam berumah tangga.


Tugas Istri #1

1. Berhias Untuknya

Istri haruslah mampu berhias untuk suaminya di rumah. Baik dengan pakaian, atau parfum untuk semakin membangkitkan gelora rumah tangga utk suaminya. Menyambut suami dengan wajah ceria juga termasuk dalam hal ini.

Tugas Istri #2

2. Melindungi Harga Dirinya

Seorang istri harus dapat menjaga harga diri suaminya, dengan menjaga aib kekurangan suami dari publik. Ia HARUS menjaga dirinya, dari membicarakan hal pribadi dari suaminya, meskipun kepada sanak keluarga

Tugas Istri #3

3. Sabar Dengannya

Seorang istri harus dapat menerima kekurangan suaminya dengan kesabaran. Berhentilah berkhayal dari sinetron atau film, suami yang sempurna itu TIDAK ADA! Namun, suami yang baik adalah ia yang berusaha mengeluarkan terbaik dari dirinya. Selalu berusaha menjadi lebih baik. Maka, dukunglah ia.

Tugas Istri #4

4. ..dan Sabar Terhadap Keluarga Suami

Seorang istri harus sebisa mungkin sabar pula dengan sanak famili dari suami. Anda harus dapat berinteraksi dengan ibu mertua dengan akhlak yang baik.

Tugas Istri #5

5. Mendidik Anak dengan Baik

Seorang istri (dan Ibu), harus mencontohkan akhlak dan kebiasaan baik kepada anak-anaknya.
Dia juga harus membantu suaminya dengan belajar agama.

Tugas Istri #6

6. Ada untuk Suaminya

Seorang istri harus mampu mendengarkan dengan baik dikala suaminya ingin curhat.
Dan untuk dapat mendengarkan, tentunya anda harus tahu kapan saatnya untuk diam

Tugas Istri #7

7. ...Benar-benar Ada untuk Suaminya
Seorang istri harus bersedia menyambut suami dalam urusan ranjang (tentunya di saat mampu dan tidak ada halangan).

Tugas Istri #8

8. Menjaga Rumahnya

Seorang istri harus dapat menjaga rumahnya dari orang asing atau yang dilarang darinya saat suaminya tidak di rumah. Dia harus menjaga untuk tidak mengajak seseorang ke rumah, yang tidak disukai suaminya.

Tugas Istri #9

9. Belajar

Istri harus menyempatkan waktu untuk belajar agama. Hal ini sangat penting, karena akan menambah keilmuannya untuk dapat melaksanakan tugasnya sbg istri dengan baik, juga mengetahui hak-hak nya sebagai istri.

Tugas Istri #10

10. Bersyukur atas Apa yang Ia Miliki

Seorang istri harus ridha atas apa yang telah diberikan oleh suami.
Jika rasa ridha sudah tertanam di hati seorang muslim niscaya hidupnya akan bahagia, walaupun ia tinggal di rumah biasa dan kendaraannya sederhana.

Namun, apabila rasa ridha itu telah berpaling dari hatinya niscaya kehidupannya akan sengsara, meskipun ia tinggal di istana dan mengendarai kendaraan mewah tak terkira.

"@dr_almuqbil: إذا سكن الرضى قلب امرئ عاش سعيدا ولو سكن بيت طين،وركب أيسر المراكب، وإذا غادر القلب
فسيغشاه الشقاء، ولو عاش في القصور وركب أفخم المراكب."

Demikian, semoga bermanfaat.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

Post Comment

0 comments:

Post a Comment

Translate